MMD

Apa itu MMD ?

MMD singkatan dari Musyawarah Masyarakat Desa merupakan suatu forum diskusi atau komunikasi suatu desa yang pengurusnya secara resmi di SK kan oleh Kepala Desa yang berfungsi menampung aspirasi masyarakat berkaitan dengan kesehatan, lingkungan hidup, masalah rumah tangga dan dapat diusulkan kepada Pemerintah Desa untuk di berikan solusi permasalahanya. Masalah yang sering menjadi pembahasan di Desa Bumiharjo yaitu jambanisasi, merokok di lingkungan keluarga, gizi kurang/ buruk, penanganan sambah di lingkungan rumah.

Di Desa Bumiharjo sendiri para pelaku atau petugas yang terlibat yaitu Bidan Desa, Perangkat dan Pokja masing-masing wilayah, didampingi langsung oleh Puskesmas Nguntoronadi II. Tahun 2019 kegiatan yang sudah terealisasi antara lain :

  1. Masalah jambanisasi, menurut data petugas permasalahan jambanisasi sudah terealisasi namun belum 100% karena terkendala anggaran;
  2. Masalah merokok di lingkungan keluarga, sudah ada upaya sedikit demi sedikit mengenai pengendalian bagi para perokok yaitu dengan aturan merokok di luar ruangan rumah;
  3. Masalah gizi buruk/kurang, faktor utama terjadinya gizi kurang adalah pola asuh yang salah, yang disebabkan kurangnya pengetahuan ibu saat hamil. Solusi yang sudah diupayakan yaitu sosialisasi kepada ibu hamil untuk diberikan makanan tambahan makanan (PMT) dan juga wajib asi 2 tahun.
  4. Masalah penanganan sambah, disetiap warga sudah diwajibkan memiliki tempat atau wadah pembuangan sampah sendiri-sendiri.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan