PELATIHAN KADER KESEHATAN

Pelatihan Kader Kesehatan desa Bumiharjo bekerja sama dengan Puskesmas Nguntoronadi II merupakan kegiatan dalam rangka mempersiapkan kader kesehatan agar mau dan mampu berperan serta dalam mengembangkan program kesehatan di desanya.

Berdasarkan data dilapangan menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan kader dalam melaksanakan tugas masih jauh dari harapan, hal ini dillihat dari pelaksanaan kegiatan posyandu yang monoton dan tidak berkembang yang nantinya akan berdampak terhadap pelaksanaan program desa siaga. Selama ini Kader Posyandu lebih sering menjadi pelaksana kegiatan saja, bukan pengelola Posyandu artinya bukan hanya melaksanakan kegiatan Posyandu saja, tetapi juga merencanakan kegiatan dan mengaturnya karena merekalah yang paling memahami kondisi kebutuhan masyarakat di wilayahnya tapi pada  kenyataan banyak Kader Posyandu yang tidak aktif lagi dan atau sangat kurang jumlahnya pengetahuan, sikap dan keterampilan masih kurang, bahkan ada yang belum memahami hal-hal baru berkaitan dengan kegiatan Posyandu.

penyerahan alat bantu kader posyandu

Sehubungan dengan kondisi diatas dirasa perlu peningkatan kemampuan/keterampilan kader posyandu terutama pengelola posyandu dan kader posyandu di Desa Bumiharjo menyelenggarakan pelatihan kader posyandu persiapan desa siaga.

Dalam kegiatan Pelatihan Kader Kesehatan di ikuti kader se Desa Bumiharjo dengan waktu yang telah ditentukan jadwalnya. Peserta dalam pelatihan ini berkisar 4 – 6  orang per dusun. Materi yang disampaikan beragam mulai dari Kesehatan Lingkungan BHBS, Gizi Lansia dan Balita (pelatihan pengisian KMS, Pembuatan MPASI) serta pelatihan P3P /P3K. Dan juga pemberian alat Posyandu dari Dana Desa berupa Timbangan Balita, Alat lingkar kepala dan lain-lain

Semoga dengan dukungan dari Pemerintah Desa Bumiharjo dan diadakannya pelatihan ini bisa menambah wawasan serta keterampilan kader dalam meningkatkan kegiatan di Posyandu.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan