MUSREN RKPD

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para (stakeholder) desa untuk menyepakati usulan kegiatan yang dianggarkan dari anggaran pemerintah daerah kabupaten. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Musrenbang adalah forum perencanaan/program yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Dalam rangka melaksanakan tahapan yang telah ditetapkan, Selasa (25/01/2020) Pemerintah Desa Bumiharjo melaksanakan Musrenbang Desa dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Wonogiri untuk tahun anggaran 2022. Dalam musyawarah tersebut selain dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa juga mengundang jajaran Forkompicam Kecamatan Nguntoronadi, BPD Desa Bumiharjo, Ketua RT/RW, Ketua Bumdes, perwakilan PKK, tokoh pemuda, perempuan.

Dalam musyawarah ini Sekdes Bumiharjo membacakan paparan usulan kegiatan yang direncanakan akan menggunakan anggaran pemerintah daerah Kabupaten Wonogiri. Setelah dibacakan dilakukan musyawarah dengan mendengarkan pendapat dan usulan dari peserta musyawarah. Dikarenakan masih terjadinya pandemi Covid-19 maka musyawarah ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protocol kesehatan yang telah ditetapkan. Peserta musyawarah wajib menggunakan masker, serta pelaksanaan musyawarah diusahakan dalam waktu yang tidak terlalu lama, sehingga mengurangi terjadinya berkumpulnya masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan